Home » , » SMS (Short Message Service)

SMS (Short Message Service)

Unknown | Thursday, September 19, 2013 | 0 comments
Akhir² ini teknologi selular berkembang semakin pesat, beberapa tahun yang lalu, sebuah telepon selular (Ponsel) hadir dengan tampilan layar hitam putih(Monochrome), bunyi ringtone yang ala kadarnya, bentuk yang besar, dan fungsi yang standar. Berbeda dengan keadaan sekarang. Ponsel keluaran terbaru yang sudah mempunyai layar berwarna ada juga yang Touch Scren, lengkap dengan kamera Mega Pixel yang terintegrasi, dan nada dering yang bebas digonta-ganti.
Namun, dengan semakin canggihnya teknologi tersebut, ada satu teknologi yang masih favorit dari dulu hingga sekarang, yang kita kenal dengan nama SMS (Short Message Service).

Sejarah SMS
SMS merupakan fasilitas standar dari Global System for Mobile Communication (GSM). Fasilitas ini dipakai untuk mengirim dan menerima pesan dalam bentuk teks ke dan dari sebuah ponsel. Untuk dapat menggunakan fasilitas SMS, pengguna perlu melengkapi ponselnya dengan fasilitas-fasilitas berikut :
  • Menggunakan kartu SIM (Subscriber Identity Module) dari penyedia layanan GSM yang mendukung SMS.
  • Menggunakan ponsel yang mendukung SMS Dapat dikatakan bahwa semua fasilitas ini telah menjadi standar sebuah ponsel.

SMS pertama kali diujicobakan Desember 1992 melalui sebuah komputer ke ponsel di jaringan GSM Vodafone di Inggris. Selanjutnya teknologi SMS berkembang dan jenis aplikasi yang dapat digunakan bertambah. Panjang pesan yang dapat dikirimkan dalam satu kali pengiriman mencapai 160 karakter atau 70 karakter jika menggunakan karakter non-Latin, seperti Arab atau Cina.

Karakteristik SMS
Beberapa karakteristik SMS adalah :
  • Sebuah pesan singkat dengan jumlah karakter yang terbatas, yang mencakup huruf atau angka. Juga dapat mendukung pesan non-teks, seperti format Binary.
  • Prinsip kerjanya adalah menyimpan dan menyampaikan pesan (Store and Forward Message). Dengan kata lain, pesan tidak langsung dikirimkan ke penerima melainkan disimpan terlebih dahulu di SMS-Centre.
  • Memiliki ciri-ciri dalam konfirmasi pengiriman pesan, yaitu pesan yang dikirimkan tidak secara sederhana dikirimkan dan dipercayai akan disampaikan dengan selamat. Namun, pengirim pesan dapat pula menerima pesan balik yang memberitahukan apakah pesan telah terkirim atau gagal.

SMS Centre (SMSC)
Sebuah SMSC bertanggung jawab untuk menangani sebuah pesan SMS pada jaringan nirkabel (Wireless). Ketika sebuah SMS dikirim melalui telepon selular, SMS tersebut pertama kali akan ditampung oleh SMSC, kemudian akan diteruskan ke nomor tujuan. Sistem ini lebih dikenal dengan sebutan Store and Forward. Hal ini berarti pesan akan ditampung dalam SMSC terlebih dahulu sebelum diteruskan ke nomor tujuan. Apabila nomor tujuan sedang tidak aktif, maka pesan akan tetap disimpan dalam SMSC sampai masa aktif pesan tersebut habis. Terkadang sebuah pesan SMS harus melewati beberapa jaringan yang berbeda (SMSC maupun SMS Gateway) sebelum sampai ke tujuan.

Manfaat Penggunaan SMS
Penggunaan SMS secara tidak langsung telah mendominasi sebagian besar pengguna telepon selular di dunia. Tentunya hal ini diiringi dengan adanya manfaat maupun keunggulan dari SMS itu sendiri. Pada dasarnya SMS mempunyai manfaat sebagai
berikut :
  • Menerima dan mengirim pesan, baik itu pesan standar, notifikasi, dan lain-lain.
  • Mampu mengirimkan pesan ke banyak nomor tujuan pada waktu yang sama.
  • Memiliki tingkat kegagalan kirim yang sangat kecil sehingga pesan kemungkinan besar akan sampai pada tujuan.
  • Merupakan sebuah mekanisme komunikasi yang tergolong membutuhkan biaya sangat murah.

Protokol Yang Digunakan SMS
SMS dikirim dan diterima melalui jaringan wireless. Sudah tentu sebuah jaringan mempunyai protokol yang akan digunakan sebagai penunjangnya. Protokol yang sering dipakai oleh SMS adalah sebagai berikut :
  • HTTP ( Hypertext Transfer Protocol)
HTTP merupakan protokol yang paling sering digunakan dalam internet saat ini. Tujuan utama HTTP pada mulanya adalah untuk menyediakan cara dalam menyajikan dan mengambil dari halaman HTML. Saat ini, penggunaan HTTP tidak terbatas dalam penyajian halaman HTML saja. Pengembangan HTTP dikontrol oleh World Wide Web Consortium (W3C) dan Internet Engineering Task Force (IETF).
  • SMPP (Short Message Peer-to-Peer Protocol)
SMPP merupakan sebuah protokol yang dirancang khusus untuk menangani SMS. SMPP pertama kali didesain oleh sebuah perusahaan kecil Irlandia yang bernama Aldiscon, sebelum akhirnya dibeli oleh Logica. Pada tahun 1999, secara resmi pengembangan teknologi SMPP diambil alih oleh SMPP Developers Forum, sebelum berganti nama menjadi The SMS Forum.
Share This Article :
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Sqoatydhent™
Copyright © Sqo Sqoaty Dhent - All Rights Reserved
Template Modify By : Sqoatydhent™
Powered By : Blogger