Home » » Meningkatkan Kinerja Notebook/Laptop Dengan Flashdisk

Meningkatkan Kinerja Notebook/Laptop Dengan Flashdisk

Unknown | Tuesday, September 17, 2013 | 0 comments
Procesor, Memori RAM dan VGA adalah hal penting yang sangat berpengaruh terhadap kinerja sebuah Notebook atau Laptop. Meski memiliki Prosesor tinggi, namun jika kapasita RAM dan VRAM kecil, kinerja Notebook tidak akan maksimal. Maka untuk memiliki sebuah Notebook atau Laptop yang lebih maksimal, diperlukan Prosesor yang tinggi, kapasitas RAM yang besar dan VGA dengan VRAM yang besar pula.

Pada umumya Notebook hadir dengan Prosesor yang kecil, RAM yang cuma pas²-an, dan berarti Andapun tidak akan mampu memainkan game 3D di Notebook dengan maksimal dan mungkin sama sekali tidak akan bisa memainkan game tersebut. Tak hanya itu, saat Anda menjalankan beberapa program secara bersamaan, apa yang akan terjadi pada Notebook anda...? "Lambat atau mungkin tiba² Blank".

Untuk Prosesor dan VGA tentu saja sangat sulit untuk di Upgrade, atau mungkin tidak bisa, karena semua sudah Onboard. Maka salah satu cara untuk memaksimalkan kinerja Notebook adalah dengan menambah kapasitas RAM.

Sedikit Penjelsan tentang RAM.
RAM adalah singkatan dari Random Acces Memory, yang berfungsi untuk menyimpan data sementara ketika Notebook sedang mengolah data dan Notebook tidak perlu mengakses data terus menerus ke Hardisk. Nah, inilah alasan kenapa semakin besar kapasitas RAM, maka kinerja Notebook juga akan semaikn meningkat.

Struktur RAM terbagi 4 bagian, yaitu :
  • Input storage : Berfungsi untuk menampung input atau masukan yang dimasukkan dari alat input.
  • Program Storage : Berfungsi sebagai penyimpan intruksi program yang akan diakses.
  • Working Storage : Bertugas menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
  • Output Storage : Berfungsi untuk menampung hasil akhir dari data yang akan di tapilkan ke perangkat output.

Namun demikian, untuk menambah kapasitas RAM, Anda tidak harus membeli RAM baru, salah satu caranya adalah dengan menggunakan Flashdisk. Dengan menggunakan Flashdisk Anda bisa menambah kapasitas RAM secara temporary, sehingga bisa meningkatakn kinerja Notebook Anda.

Tapi,,, tidak semua Flashdisk bisa difungsikan sebagai RAM, hanya Flashdisk tertentu yang sudah mendukung ReadyBoost. Jadi, saat Anda membeli sebuah Flashdisk, pastikan Anda melihat tulisan Readyboost di paket Flashdisk tersebut.

Adapun langkah²nya adalah sebagai berikut :
  • Pastikan Flashdisk yang anda gunakan sudah support (ReadyBoost) dan kemudian colokan Flashdisk Anda.
  • Klik kanan pada drive Flahsdisk, kemudian pilih Properties, sehingga akan muncul kotak dialog,
  • Pilih tab ReadyBoost, Aktifkan centang pada Use This Device, Click Apply dan kemudian OK.

Setelah itu Notebook anda akan mendapatkan tambahan RAM dari Flashdisk. Maka kinerja Notebook Anda akan lebih baik dari yang sebelumnya.

Selamat mencoba.....
Share This Article :
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Sqoatydhent™
Copyright © Sqo Sqoaty Dhent - All Rights Reserved
Template Modify By : Sqoatydhent™
Powered By : Blogger