Home » » Sekilas Tentang Visual FoxPro

Sekilas Tentang Visual FoxPro

Unknown | Sunday, February 20, 2011 | 1comments
Salah satu tahapan pengembanan dari suatu program adalah menterjemahkan atau mengkodekan rancangan terinci yang telah dibuat menjadi suatu program komputer yang siap pakai. Dengan menterjemahkan program tersebut berarti kita melakukan penulisan dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman komputer yang kita kuasai. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah program Microsoft Visual Foxpro 9.

 


Pada dasarnya Microsoft Visual FoxPro adalah suatu sistem manajemen pengelolaan database ( basis data ) yang memungkinkan kita :
  • Merancang sendiri format penyimpanan informasi.
  • Menyimpan data dalam jumlah besar.
  • Menata data dalam bentuk tabel yang sangat akrab dengan kebiasaan kita.
  • Mendapatkan informasi berdasarkan kriteria yang kita tentukan ( Query ).
  • Merancang  sendiri form untuk memasukan data kedalam tabel.
  • Mengolah data menjadi informasi dan menyajikannya dalam bentuk laporan.
  • Merangkai berbagai unsur penggunaan di dalamnya menjadi suatu aplikasi.
FoxPro berkembang menjadi Visual FoxPro pada tahun 1995. Kemampuan Pemprograman Procedural tetap dipertahankan dan dilengkapi dengan pemprograman yang berorientasi objek Visual FoxPro 6.0 dan berkembang hingga Visual FoxPro 9.0.

Dengan adanya Visual Studio, FoxPro menjadi anggota, Sasaran utamanya Visual Studio adalah menyediakan alat Bantu pemprograman dan database untuk mngembangkan perangkat lunak yang memenuhi tuntunan zaman.

FoxPro adalah sistem manajemen database ( Database Management System/DMBS ) elektronik, yang menbantu mengumpulkan, mengambil dan menampilkan data. Sedangkan Visual FoxPro adalah bahasa pemprograman Visual yang berorientasi pada objek dan juga sebagai Sistem Manajemen Database Relasional / RDBMS.

Visual FoxPro sangat mendukung database, istilah dalam Visual FoxPro berarti kumpulan tabel, relasi, tampilan ( view ) dan hubungan setiap objek tersebut mempunyai properties yang disimpan di dalam database. Properties tersebut mengandung informasi seperti aturan Validasi field, atau Validasi level record, Tringger ( pemicu ). Database disebut juga file DBC karena eksistensi file database Visual FoxPro adalah .DBC. Database dibuat dan dipelihara dengan menggunakan desain seperti table, relasi, SQL, views, Connection.

Visual FoxPro selain disebut sebagai bahasa pemrograman, juga sering disebut sebagai sarana ( tools ) untuk menghasilkan program aplikasi berbasiskan windows dengan beberapa kemampuan. Manfaat dari Visual FoxPro diantaranya :
  1. Untuk membuat program aplikasi berbasis windows.
  2. Memiliki fitur-fitur yang dapat mempermudah dan mempercepat kerja didalam pembuatan aplikasi database dengan tampilan yang profesional.
  3. Dapat berinteraksi dengan produk dekstop dan client server lain dan juga dapat membangun aplikasi berbasis web.
Sebagai suatu tools database, Visual Foxpro memiliki keunggulan dalam hal kelengkapan fungsi dan perintah serta fasilitas yang berhubungan dengan pengolahan data serta kelebihannya memiliki format database sendiri ( Native Database ), dapat berupa Database Container ( DBC ) maupun berupa file tabel yang berdiri sendiri Database File ( DBF ). Tabel database-nya dapat diindeks dengan format dan aturan yang sangat fleksibel, dapat terdiri dari banyak index Key dan setiap index Key dapat berupa kombinasi dari beberapa file atau kolom, dapat ascending atau descending.

Beberapa fasilitas Microsoft Visual FoxPro 9.0, sebagai berikut :

Project Manager
Project Manager digunakan untuk mengorganisasikan dan mengelola file-file dalam sebuah proyek. Proyek merupakan kumpulan beberapa file, data, dokumen, dan objek-objek Visual FoxPro yang disimpan dalam satu file dengan ekstensi (***.pjx).

Database
Dalam database, data-data atau tabel-tabel disimpan dan diorganisasikan sedemikian rupa sehingga akan memudahkan pengambilan kembali pada saat data tersebut diperlukan. Database Visual FoxPro hanya menyimpan alur file-file yang merujuk pada tabel-tabel yang berhubungan dengan database itu sendiri. File Database Visual FoxPro yang berektensi (***.dbc) sebenarnya merupakan satu tabel yang berisi segala informasi mengenai nama file-file, tabel, indeks, jenis-jenis relasi antar tabel, dan informasi lain yang berhubungan dengan database.

Tabel
Visual FoxPro membedakan tabel dalam dua kategori, yakni :
  1. Tabel Database » Tabel yang dihubungkan dengan database. Tabel database memiliki    properti-properti yang tidak dimiliki oleh tabel bebas.
  2. Tabel Bebas » Semua tabel dalam Visual FoxPro yang tidak dihubungkan pada suatu database. Tabel ini bebas diakses oleh database manapun. Tabel ini tidak memiliki indeks primary key. Sebagai gantinya ia memiliki properti sebagaimana yang dimiliki tabel database.
  3. Form » Visual FoxPro menyediakan fasilitas-fasilitas berbasis objek yang memudahkan tahap-tahap pembuatan form. Bahkan sebuah form dapat dibuat tanpa keharusan menuliskan kode program didalamnya.
  4. Report » Report dapat digunakan untuk mengatur dan menampilkan data dari tabel-tabel dalam suatu database. Report kadang hanya dibuat untuk ditampilkan pada layar atau untuk dicetak. Oleh karena itu, dalam membuat layout atau tampilan suatu report harus dipertimbangkan terlebih dahulu tujuan pembuatan dan penggunaan report tersebut.
  5. Menu » Menu dalam Visual FoxPro dibedakan dalam dua kategori utama yakni menu bar dan menu shortcut. Perbedaan utama kedua menu tersebut adalah bahwa menu shortcut memiliki ketergantungan pada suatu objek atau kontrol tertentu dan untuk menjalankannya biasanya dilakukan dengan melakukan klik kanan pada objek atau kontrol tertentu sementara menu bar tidak tergantung pada kontrol tertentu.

Share This Article :
Comments
1 Comments

1 comment:

  1. bagaimana cara menampilkan lagi contrain n control yang hilang...?

    ReplyDelete

 
Support : Sqoatydhent™
Copyright © Sqo Sqoaty Dhent - All Rights Reserved
Template Modify By : Sqoatydhent™
Powered By : Blogger