Home » , » Sekilas Tentang TrueSpace

Sekilas Tentang TrueSpace

Unknown | Saturday, November 06, 2010 | 0 comments
TrueSpace adalah buah karya Caligari Corp. Merupakan engine 3D yang sangat kompleks. Meliputi modeller, animator sekaligus renderer. Ditambahkan pula library 3D siap pakai yang sangat profesional. Ini tak lain karena dulunya trueSpace memang software komersial, namun setelah Microsoft membeli Caligari, trueSpace berubah status menjadi gratis. Salah satu fitur trueSpace yang paling menonjol adalah interfacenya, menggunakan widget 3D untuk sebagian besar operasi editing. trueSpace mendukung scripting memakai Phyton untuk menciptakan script sendiri, tools dan plugins. TrueSpace 7 memperkenalkan VBScript dan JScript sebagai alat scripting untuk mengembangkan plugins dan scene interaktif.

Kemampuan lain software ini termasuk membuat visualisasi dan animasi dengan pencahayaan realistic (menggunakan Radiosity, HDRI, dan Global Illumination) dan modelling organic memakai NURBS, subdicision surfaces serta metaballs.

Software ini memiliki beberapa format bawaan: RsScn untuk scenes, RsObj untuk objek, RSMat untuk materials, rsl untuk layout, RsLgtrueSpace untuk pencahayaan, dan lainnya. Format bawaan lawas untuk trueSpace 6.6 dan yang lebih baru juga didukung, contohnya untuk standalone object (***.cob) dan lainnya untuk scenes (***.scn). Objek dalam truSpace dapat ditanam di Active World.

Menurut saya, Microsoft membuat kebijakan strategis dengan akuisisi Caligari pada 2008. Saya pikir ini hanya untuk memperkuat posisi mereka dalam persaingan melawan Linux dan Google. Salah satu bukti kentara adalah kemampuan trueSpace yang mampu menciptakan objek untuk Microsoft Virtual Earth (saingan Google Earth) dan kompatibilitas yang hanya mendukung sistem operasi Windows.

Rendering : Kini trueSpace memiliki dua internal renderer utama dan juga mendukung DX9 untuk kualitas output pixel shader yang lebih baik daripada gayarender tradisional engine Render. TrueSpace juga mendukung VRay render engine yang diciptakan Chaos Group.
Share This Article :
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Sqoatydhent™
Copyright © Sqo Sqoaty Dhent - All Rights Reserved
Template Modify By : Sqoatydhent™
Powered By : Blogger